Mengembalikan File atau Foto yang Terhapus

Seringkali saat kita tidak sengaja menghapus File atau foto yang terdapat di hard drive atau pun flash dirive (flashdisk). Software-software recovery yang banyak bertebaran di internet tidak mampu untuk mengembalikannya. Berikut saya akan berbagi kepada temen-teman pembaca bagaimana mengembalikan file atau foto yang terhapus dari drive anda, dengan catatan file yang telah terhapus tersebut tidak ditimpa dengan file yang baru. Berikut Cara.
1. Download software yang cukup ampuh di sini. http://www.cgsecurity.org/wiki/TestDisk_Download
2. Extrack dan masuk ke folder win kemudian cari dan buka aplikasi PhotoRec_win seperti di bawah ini.
 3. Pilih drive yang ingin anda recovery, dalam hal ini saya pilih hardisk laptop saya (anda juga dapat memilih flashdisk). Kemudian pilih Proceed dan tekan enter untuk memproses dan Quit untuk keluar..

4. Pilih tipe partisi tabel-nya. dalam hal ini saya memilih INTEL kemudian tekan enter.
 5. Pilih partisi yang akan anda recovery datanya dalam hal ini saya pilih partisi hardisk saya yang berlabel MASTER. Pilih File Opt  untuk memilih tipe data yang akan direcovery, contoh hanya merecovery gambar, maka File Opt anda pilih JPG (tekan b untuk menyimpan setting dan enter untuk kembali).


.6. Langkah selanjutnya untuk filesystem type pilih Other dan tekan enter
7. Pilih Free untuk me-recovery pada unlocated space saja dan Whole untuk me-recovery keseluruhuan partisi. Agar maksimal saya pilih Whole dan tekan enter.

8. Tekan tombol Y pada keyboard untuk memulai recovery. Data akan disimpan pada folder yang sama dengan photorec yaitu di folder win. Tunggu proses recovery sampai selesai. Anda dapat melihat hasil recovery pada folder recup_dir. di dalam folder win. Kalau kurang jelas silakan komentar di bawah. Terima kasih.

0 Response to "Mengembalikan File atau Foto yang Terhapus"

Post a Comment